Hai, selamat datang di blog ku ! Aku sangat senang menulis. Dan aku menulis segala sesuatu yang aku senangi. Inilah kisah hidup ku, pemikiran ku, mimpi ku dan ilmu yang ingin ku bagi .. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua dan dapat menambah pengetahuan, Happy Reading !

Selasa, 30 April 2013

Praktek Kerja Lapangan kelas XI IPA SMA Stella Duce 2 Yogyakarta


Pada pertengahan maret lalu, kelas XI IPA SMA Stella Duce 2 Yogyakarta mengadakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Samigaluh, kabupaten kulonprogo, Yogyakarta.
Praktek kerja lapangan adalah suatu bentuk perhubungan antara program pembelajaran disekolah dengan program pencapaian keahlian maupun keterampilan yang dihasilkan oleh adanya kegiatan langsung yang nyata.
Praktek kerja lapangan ini juga merupakan program dari SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. Dengan adanya program PKL tersebut, siswi dapat benar-benar menguasai materi yang sebelumnya telah dipelajarinya disekolah.
Prekatek kerja lapangan ini ditujukan kepada siswi-siswi kelas XI, dalam hal ini siswi-siswi kelas XI IPA SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. PKL ini dilaksanakan di desa Ngalian, gunung A, dusun Ngargosari, kecamatan samigaluh, kabupaten Kulon progo, provinsi DI Yogyakarta. Tepatnya diperkebunan milik keluarga Bapak Sudono.
Mengapa lokasi tersebut dipilih, karena di tempat tersebut telah tersedia alat-alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mendukung jalannya PKL tersebut. Sehingga karena sebagian besar alat dan bahan telah tersedia, pelaksanaan PKL tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Tujuan dilaksanakan PKL ini mencakup banyak hal, khususnya dalam ketiga jenis bidang studi Fisika, Kimia dan Biologi. Diantaranya :
-         Siswi diharapkan dapat merakit serta menggunakan Venturimeter untuk mrngukur kecepatan arus air dan Manometer  untuk mengukur kecepatan angin.
-         Siswi diharapkan dapat mengitung gaya grafitasi ditempat pelaksanaan PKL.
-         Siswi dapat membandingkan kemampuan kapilaritas lapisan-lapisan tanah.Pada sesi pertama yang kami lakukan adalah  mengukur kecepatan arus dengan menggunakan venturimeter(alat untuk mengukur kelajuan fluida) air di tiga tempat berbeda ,lalu kita mengambil 2 data disetiap tempatnya , data pertama diambil dibagian arus yang pelan dan dalam ,lalu data 2  di arus yang deras dan dangkal data yang ke 3 di arus yang pelan dan dangkal .

                Lalu kami menghitung gravitasi di 3 tempat yang berbeda pula data pertama kami ambil di bawah pohon dekat sungai.Data kedua kami ambil di bawah pohon di samping rumah.Dan data ketiga kami ambil di bawah pohon di depan rumah.
                Lalu kami mengukur kecepatan angin dengan menggunakan manometer ,dan selangnya kami isi air yang di campur dengan pewarna makanan,yang kami letakan di atas bambu dan bambu tersebut di tancapkan di atas tanah,alat ini harus di letakan sesuai dengan arah angin,untuk mengetahui arah angin kami mengikat plastik dengan tali dan membiarkan nya.Percobaan ini di lakukan setiap satu setengah jam.

                Setelah itu kami makn siang kemudian kami mengambil LKS kimia dan melaksanakan kegitan kimia yaitu mengukur PH tanah , Suhu udara dan tanah di tempat yang berbedea sebnyak 3 kali sistim kerjamengukur suhu tanah atau kelembapan tanah yaitu pada tanah di beri air dan ditancapkan termometer di tunggu 5 menit kemudian kita membaca suhu yang tertera pada termometer hal tersebut digunakan sebanyak 3 kali percobaan yang di tempat berbeda.
                Kemudian menukur PH air tanah,kran, dan aqua. Kemudian mengetahui stuktur tanah dengan mengukur kesuburan tanah , menggunakan kertas PH , PH yang didapat 6 tanah disekitar sini sudah mendekati netral dan sangat bagus.kemudian mengambil satu jenis tanah kemudia dibakar menggunakan spirtus lalu di tetesi HCl, reaksi yang terjadi bergelembung dan tanah tersebut mengandug kalsium






Tidak ada komentar:

Posting Komentar