Hai, selamat datang di blog ku ! Aku sangat senang menulis. Dan aku menulis segala sesuatu yang aku senangi. Inilah kisah hidup ku, pemikiran ku, mimpi ku dan ilmu yang ingin ku bagi .. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua dan dapat menambah pengetahuan, Happy Reading !

Selasa, 13 November 2012

Danau Poso


Danau Poso adalah salah satu danau terbesar di Indonesia. Danau poso adalah danau terbesar ke tiga di Indonesia setelah danau Toba di Sumatera Utara dan danau Towuti di Sulawes. Danau ini memiliki panjang 32 km dan lebar 16 kmserta terletakdi ketinggian 657 mdpl. Danau Poso sendiri terletak di wilayah kecamatan pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.
Kota yang berada tepat di pinggiran danau poso adalah kota Tentena. Oleh karena itu, saat ini Kota Tentena menjadi salah satu kota wisata di sulawesi tengah. Banyak turis lokal maupun turis mancanegara datang berkunjung ke kota ini. Danau Poso memiliki banyak keunikan dibandingkan dengan danau lainnya yang ada di indonesia. Berikut aku akan ngasih tau kekalian semua mengenai danau Poso .. cekidot ....
1.       Pinggiran danau Poso itu berpasir putih, tapi ada beberapa pinggirannya yang berpasir kuning keemasan. Jadi saat bermain di pinggiran danau serasa bermain di pinggir pantai.
2.       Lampu danau yang biasanya muncul didalam danau pada malam hari adalah salah satu mitos yang berkembang diantara masyarakat sekitar danau. Hanya orang-orang tertentu yang beruntung dapat melihat lampu danau tersebut. Ada pula yang mengatakan tentang naga penjaga danau, yang kepalanya bercahaya sehingga disebut lampu danau. Beberapa orang mengaku pernah melihat naga tersebut. Entah ekornya, kepalanya atau bagian tubuh lainnya dari naga tersebut. Oleh karena itu dilarang berkata-kata yang kotor atau tidak sopan saat berada di danau ini dan juga dilarang meremehkan danau Poso.
3.       Ada banyak jenis ikan air tawar yang dapat di nikmati wisatawan saat mengunjungi danau Poso, antara lain ikan sidat, ikan mujair, ikan mas, dsb. Tapi favourite ku itu ikan sidat atau yang sering disebut dengan ikan sogili. Ikan sogili memiliki keunikan tersendiri, dan juga manfaat yang dangat besar bagi tubuh manusia, bahkan mengalahkan ikan salmon. Hmm, masalah ikan sogili mari kita bahas di tulisan selanjutnya yaa :D
4.       Nah, tiap tahun di pinggiran danau Poso di adakan Festival Danau Poso(FDP). Festival tersebut menampilkan berbagai kesenian daerah, mulai dari tari-tarian, cerita rakyat, lagu-lagu sampai dengan pemilihan putra-putri pariwisata sulawesi tengah yang sering di sebut Ongga-Bale. Festival ini dilaksanakan di arena FDP, yang di buat seunik mungkin dengan konsep rumah daerah suku pamona yang merupakan suku asli di pinggiran danau poso.
Masih banyak sih keunikan lain dari Danau Poso. Kalau ingin berkunjung dan bermalam, kalian dapa menyewa cottage yang banyak tersedia di pinggir danau.  Dan juga masih banyak objek wisata disekitar danau yang dapat kalian kunjungi salah satunya Air Terjun Saulopa.


Jadi sekian dulu tentang danau poso :D jangan lupa berkunjung yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar